Alasan Mengapa Software CRM Yang Tepat Senantiasa Penting Untuk Tim Sales Anda

By Maria | Last Updated: 28 February 2025

undefined


Menemukan solusi manajemen hubungan pelanggan (CRM) yang ideal untuk bisnis Anda mungkin terasa sulit, tetapi usaha tersebut sepadan dengan apa yang dapat bisnis Anda dapatkan. Dilengkapi dengan alat yang tepat, tim Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik, menyediakan layanan yang dipersonalisasi, dan melacak peluang sehingga tidak ada yang terlewatkan.

Dalam artikel ini, kami memberikan beberapa tips dalam mempelajari pertimbangan utama saat membandingkan solusi CRM yang tersedia untuk tim sales Anda.

Manfaat Solusi CRM Untuk Tim Sales Anda

CRM untuk bisnis dan sales dapat memungkinkan tim Anda untuk mencatat, melacak, dan mengelola prospek dan transaksi. Solusi berbasis CRM juga dapat membantu Anda menyederhanakan operasi, sehingga tim sales memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjakan tugas-tugas penting dan mencegah peluang yang terlewatkan.

Keuntungan terbesar dari penggunaan solusi berbasis CRM untuk tim sales atau penjualan Anda adalah membuat informasi penting lebih mudah diakses.

Bagi banyak tim, informasi penting seperti detail prospek, insight transaksi, dan riwayat kontak disimpan dalam kotak masuk, lembar kerja, dan alat lainnya. Dengan akses mudah ke catatan prospek dan pelanggan, tim Anda dapat berfokus pada aktivitas penjualan bernilai tinggi seperti membangun hubungan dan menyusun strategi.

Menggunakan teknologi baru mungkin tampak seperti pekerjaan besar, tetapi software CRM yang tepat dapat memberikan manfaat signifikan bagi keuntungan bersih dari bisnis Anda di masa mendatang. Mari kita lihat beberapa manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dalam menggunakan software berbasis CRM untuk tim sales Anda.

Mengelola Alur Penjualan Secara Lebih Efisien

Software CRM yang berkualitas dapat membantu melacak alur penjualan dan tentunya hal ini sangat penting untuk setiap operasi manajemen tim sales, membantu Anda melihat kemajuan transaksi sehingga Anda dapat menindaklanjuti peluang sebelum peluang tersebut hilang.

Manajemen alur sales atau penjualan akan menawarkan cara yang terorganisasi untuk melacak calon pelanggan saat mereka menjalani tahapan siklus penjualan dalam perjalanan pelanggan mereka.

Membagi proses penjualan Anda ke dalam tahapan alur penjualan dapat membantu Anda memecah aktivitas menjadi tugas-tugas yang lebih kecil dan lebih mudah untuk dicapai. Dibandingkan dengan "menutup transaksi", tim sales Anda dapat berfokus untuk membawa pelanggan ke tahap berikutnya (misalnya, memberikan demo atau menjadwalkan panggilan).

undefined


Memberikan Jadwal Aktivitas Tim Sales Yang Lebih Efisien

Penjadwalan aktivitas penjualan dari software CRM juga dapat membantu tim sales Anda untuk berfokus pada apa yang harus dilakukan selanjutnya. 

Entah untuk menindaklanjuti penawaran, mengirim email, atau menelepon calon prospek, penjadwalan aktivitas ini dapat membantu Anda mengetahui apa tindakan yang harus diprioritaskan dan menjaga momentum pada seluruh transaksi yang terbuka.

Solusi software berbasis CRM juga dapat membantu Anda mengelola beban kerja sehingga Anda memaksimalkan waktu tim tanpa membebani dan membuat mereka kelelahan.

Melacak Kemajuan Prospek Terhadap Tujuan Akhir Bisnis Anda

Membuat laporan spreadsheet tentunya membutuhkan banyak tenaga, tetapi Anda memerlukan data tersebut untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Pelaporan dan dashboard dalam software CRM untuk tim sales dapat membantu Anda memvisualisasikan kinerja tim sehingga Anda dapat mendukung mereka yang membutuhkannya dan meningkatkan rasio konversi dari bisnis Anda.

Membantu Mengurangi Pekerjaan Berulang / Repetitif

Tugas-tugas yang membosankan seperti entri data manual dan pelacakan komunikasi dapat memperlambat produktivitas dalam tim Anda. Menetapkan pemicu untuk alur kerja dari tim sales di balik layar seperti training untuk mendapatkan prospek akan menggerakkan berbagai kejadian lainnya secara otomatis. 

Otomatisasi alur kerja dalam software CRM berbasis sales dapat menyederhanakan proses penjualan dan memberikan waktu luang bagi berbagai aktivitas bernilai tinggi seperti presentasi demo penjualan kepada calon pelanggan.

Alur kerja otomatis juga mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan manusia, seperti lupa memberi tahu tim tentang keberhasilan pelanggan saat transaksi ditutup. Ketika tugas-tugas yang penting tetapi berulang diotomatisasi, Anda dapat berfokus pada berbagai aktivitas utama tanpa perlu khawatir ada tugas lainnya yang terlewat.

Cara Memilih Software CRM Yang Tepat Untuk Tim Sales Anda

Saat memutuskan untuk menggunakan solusi berbasis software CRM mana yang tepat untuk tim sales, pertama-tama Anda harus memastikan software tersebut menawarkan fitur CRM utama yang dibutuhkan dari bisnis Anda.

Berikut beberapa faktor yang sekiranya dapat dipertimbangkan untuk membantu tim sales Anda dalam memilih platform yang tepat untuk kesuksesan penjualan mereka dalam jangka panjang.


Skalabilitas

Jika Anda hanya mempertimbangkan fitur yang dibutuhkan tim Anda saat ini, Anda mungkin perlu bermigrasi ke platform lain untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dari software CRM di kemudian hari.

Memilih alat yang dapat disesuaikan dengan tim sales dan bisnis Anda membuat lebih banyak pilihan dan lebih sedikit kesulitan mempelajari sistem baru di kemudian hari.

Kemudahan Penggunaan

Tim sales  yang bekerja secara efektif menghabiskan waktu mereka untuk berbicara dengan calon pelanggan, bukan untuk bekerja keras dengan alat dan dokumen kerja yang rumit.

Jika Anda memilih software CRM yang mudah digunakan, tim sales Anda menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mempelajari cara menggunakannya dan lebih banyak waktu untuk fokus pada penjualan yang mereka hasilkan.

undefined


Kustomisasi

Mencoba menyesuaikan proses penjualan dari bisnis Anda ke dalam software CRM yang tidak berkembang dan berubah seiring dengan berjalannya bisnis memang membuat frustasi, tetapi mengadaptasi software CRM agar sesuai dengan operasi penjualan bisnis Anda dapat menghemat waktu.

Software CRM yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan bisnis memungkinkan Anda untuk menyesuaikan software dengan model bisnis Anda dan membuatnya bekerja dengan lancar di semua aktivitas serta alur kerja penjualan.

Budget Keseluruhan Yang Dibutuhkan

Budget merupakan pertimbangan utama bagi sebagian besar perusahaan atau bisnis. Sistem all-in-one yang mahal bukanlah pilihan yang tepat jika Anda harus membayar fitur yang tidak akan Anda gunakan. 

Software CRM yang tidak berbayar dan memiliki fitur mendasar mungkin cocok untuk bisnis startup dalam jangka pendek, tetapi dapat memperlambat tim Anda saat Anda siap untuk meningkatkan skala dari bisnis Anda.

Waktu henti yang terkait dengan perlunya mempelajari platform baru atau migrasi untuk mendapatkan lebih banyak fungsi dapat merugikan Anda dalam jangka panjang. Untungnya, ada cara yang lebih baik.

Pertimbangkan penggunaan jasa layanan dari vendor software berbasis CRM yang dapat memberi Anda fitur berkualitas dan Anda butuhkan saat ini, dengan add-on yang mudah diakses serta kenaikan harga yang wajar saat kebutuhan Anda bertambah, seperti SOLUX.id.


Berikut beberapa informasi dan tips dalam memilih software CRM yang tepat untuk kebutuhan tim sales yang sekiranya dapat Anda kenali dan pertimbangkan penggunaannya.

Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan aplikasi sales untuk di lapangan berbasis cloud, Cloud-based CRM, CRM Sales App di Jakarta atau Indonesia, aplikasi untuk sales monitoring, sales tracking,sales performance automation software di lapangan, mobile sales app, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM atau kebutuhan field sales lapangan lainnya,  SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts

Siap Untuk Mengembangkan Usaha Anda?

Dengan SOLUX, Anda dan tim akan bisa fokus untuk berjualan dan membangun hubungan lebih baik dengan pelanggan.

SOLUX adalah Sistem Operasi Penjualan yang membantu Anda/ tim Anda untuk bekerja lebih optimal dan memberikan hasil penjualan yang lebih baik. Sistem ini akan mendorong produktivitas & motivasi, memudahkan pengembangan tim, dan memperdalam hubungan dengan pelanggan.

Get in touch

hello@solux.id

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor

Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8, 

Central Jakarta, Indonesia


©2024 SOLUX, an EANNOVATE company. All rights reserved.