Mengimplementasikan sistem CRM dalam bisnis berbasis kesehatan atau medis merupakan keputusan yang jika dijalankan dengan benar, dapat dipertimbangkan untuk membawa peningkatan keterkaitan pasien dan mempromosikan efektivitas operasional bisnis Anda.
Namun, perjalanan bisnis Anda ini senantiasa kompleks dan memiliki beberapa tantangannya tersendiri. Proses implementasi CRM dalam bisnis medis ini memiliki berbagai langkah, termasuk memahami kebutuhan dari penyedia layanan medis dan pasien serta kebutuhan regulasi kesehatan yang legal dari pemerintah.
Karena itulah, sistem CRM harus dapat berjalan lurus dengan tujuan organisasional, terintegrasi dengan sistem bisnis yang sudah ada, dan tentunya staf yang terlatih dan profesional. Dalam artikel ini, mari kita bahas lebih dalam tentang beberapa tantangan yang perlu dipertimbangkan ketika ingin menggunakan CRM untuk bisnis berbasis kesehatan dari bisnis Anda.
Yang Perlu Anda Ketahui Tentang CRM
CRM mengintegrasikan orang, teknologi, dan proses bisnis yang dapat meningkatkan interaksi dan hubungan di dalamnya. Karena itu, CRM merupakan salah satu instrumen yang mengintegrasikan penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan dukungan pelanggan. Hal ini mengelompokkan data pelanggan dalam satu tempat, yang memberikan bisnis berbasis kesehatan Anda akses yang lebih mudah.
Tujuan utama dari CRM adalah untuk meningkatkan layanan pengiriman dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Bisnis Anda bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan dari interaksi, menjaga kontak, dan mendeteksi adanya kesempatan penjualan dari tim sales. Informasi ini senantiasa penting dalam mengkustomisasikan keperluan pemasaran, meningkatkan layanan untuk pelanggan, dan menstimulasikan pengembangan dari tim sales Anda.
Bagaimana CRM Dapat Mengubah Lanskap Bisnis Berbasis Kesehatan Saat Ini
Mengenai layanan CRM dalam bisnis berbasis kesehatan, penyedia layanan menerapkan pendekatan dan solusi yang berbeda melalui proses itu sendiri. Solusi tersebut disesuaikan dengan permasalahan atau kebutuhan orang lain, dalam hal ini pasien dan praktisi medis. Banyak solusi dan titik CRM untuk layanan berbasis kesehatan khusus yang saat ini tersedia pada berbagai industri untuk memenuhi beragam kebutuhan.
Selain itu, terdapat vendor CRM yang sudah lebih mudah untuk ditemukan ketika berbicara tentang memasuki industri layanan kesehatan. Mereka mengadaptasi solusi “off-the-shelf”, memberikan solusi spesifik yang dirancang untuk layanan berbasis kesehatan.
Hal ini dapat melibatkan solusi CRM berbasis aplikasi seperti SOLUX yang dapat disesuaikan untuk aplikasi layanan dalam bisnis berbasis kesehatan. Solusi CRM dari SOLUX dapat berfokus pada area penting yang meningkatkan aktivitas layanan kesehatan dan melibatkan pasien dari bisnis Anda secara lebih dekat.
Beberapa Manfaat Penggunaan Aplikasi CRM Untuk Industri Kesehatan
Insight Yang Komprehensif Bagi Pasien & Penyedia Layanan Kesehatan
Penggunaan aplikasi CRM untuk bisnis berbasis kesehatan ini dapat membuat tim Anda dengan mudah mendapatkan data pasien atau penyedia layanan dan histori pembelian serta pengiriman layanan atau produk untuk bisnis Anda. Hal ini membuat bisnis Anda semakin responsif dan memberikan layanan kesehatan berkualitas yang lebih baik.
Dengan menggunakan aplikasi CRM berbasis kesehatan, bisnis Anda dapat terasa lebih personal dan efisien dalam layanan karena praktisi medis dapat memahami kebutuhan pasien, preferensi mereka, dan layanan apa yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Menggunakan Data Awal Untuk Peningkatan Perjalanan & Perawatan Medis Pasien
Dalam hal ini, fokus dari penggunaan solusi aplikasi CRM berbasis kesehatan adalah lebih mudahnya akses terhadap data pertama atau awal dari pasien dan penyedia layanan untuk memberikan pelayanan yang lebih berkualitas. Data ini senantiasa penting untuk proses pembuatan keputusan dan penawaran layanan kustom lainnya untuk pasien.
Membantu Mengatasi Permasalahan Medis Utama Yang Dimiliki Pasien
Solusi yang diberikan dari aplikasi CRM berbasis kesehatan akan berfokus pada aspek penting seperti manajemen layanan kesehatan, termasuk pelacakan janji temu yang tertunda, mempersiapkan pembayaran layanan, dan masih banyak lagi. Mengatasi masalah ini dapat membuat operasional dari penyedia layanan kesehatan dari bisnis Anda bekerja dengan lebih efisien dan meningkatkan interaksi pasien secara lebih dekat.
Tantangan & Solusi Pengimplementasian Software CRM Untuk Bisnis Kesehatan Anda
Tantangan
Menggunakan software atau aplikasi untuk bisnis berbasis medis atau kesehatan memiliki tantangan yang biasanya datang dengan karakter unik dan bervariasi dalam sektor medis. Berikut beberapa diantaranya :
Integrasi Data & Kompatibilitas - Integrasi CRM dengan sistem IT untuk layanan kesehatan lainnya, seperti Electronic Health Records (EHRs), merupakan salah satu tantangan terbesar dari bisnis berbasis kesehatan. Aplikasi berbasis CRM harus dapat menyediakan aliran data yang tidak terputus di antara sistem-sistem ini agar senantiasa lebih efektif.
Kepatuhan dalam Mengikuti Aturan - Privasi dan keamanan data pasien sangat ketat dalam pelayanan kesehatan. Hal ini sangat penting agar sistem software berbasis CRM Anda senantiasa mematuhi peraturan seperti himbauan dan aturan Kementerian Kesehatan di Indonesia atau HIPAA di Amerika, yang mengharuskan sistem memiliki fitur keamanan dan protokol kepatuhan yang sangat baik.
Pelatihan & Adopsi Pelanggan - Tenaga kesehatan biasanya memiliki masa kerja yang singkat dengan tingkat keahlian yang berbeda-beda. Meskipun menerapkan proses ini mungkin terasa rumit, penting untuk memastikan bahwa tenaga kesehatan dari layanan bisnis yang Anda miliki tersebut terlatih dengan baik dan dapat mengoperasikan sistem berbasis CRM ini dengan nyaman.
Kustomisasi & Skalabilitas - Bisnis berbasis layanan kesehatan memiliki kebutuhan yang beragam. Sistem CRM harus cukup fleksibel untuk memenuhi tuntutan unik dari praktik layanan kesehatan tertentu dan kebutuhan pasien yang selalu berubah.
Kualitas Data & Manajemen - Sistem CRM yang baik hanya akan efektif jika data yang dimasukkan senantiasa berkualitas. Sulit untuk menjamin kebenaran data yang diterima dan menangani arus informasi medis pasien yang signifikan.
Menyeimbangkan Anggaran & Nilai - Bisnis berbasis layanan kesehatan biasanya beroperasi dengan batasan anggaran. Hal ini menghadirkan tantangan yang signifikan dalam hal menyeimbangkan biaya yang terkait dengan penerapan dan dukungan sistem CRM sekaligus memberikan nilai dan pendapatan bisnis.
Keterlibatan Pasien & Privasi - Menjaga keseimbangan antara keterlibatan pasien melalui CRM dan privasi pasien sangatlah sensitif.
Solusi Yang Dapat Dipertimbangkan
Mengenal beberapa tantangan diatas, berikut beberapa solusi yang dapat dipertimbangkan :
Integrasi Data yang Efektif - Gunakan solusi interoperabilitas yang dapat bekerja sama dengan sistem software CRM layanan kesehatan lainnya, seperti EHR. Hal ini menjamin aliran data dan kegunaan yang memadai.
Memastikan Kepatuhan Terhadap Peraturan - Pilih sistem CRM dengan protokol keamanan yang ditingkatkan dengan tetap mematuhi kebijakan khususd ari industri di sektor layanan kesehatan, seperti Kemenkes. Hal ini dapat dicapai melalui audit rutin dan pembaruan seiring dengan perubahan peraturan.
Adopsi & Pelatihan Pengguna - Memperkenalkan program pelatihan yang luas bagi tenaga layanan kesehatan dengan keahlian teknis yang berbeda-beda. Dukungan berkelanjutan dan UI mudah yang dapat diakses dapat meningkatkan kegunaan dan penerimaan pengguna.
Kustomisasi & Skalabilitas - Gunakan sistem CRM yang memungkinkan Anda menyesuaikan kebutuhan bisnis dan dapat diskalakan untuk memungkinkan Anda memenuhi kebutuhan bisnis Anda di masa depan.
Menjaga Kualitas Data - Membuat prosedur rutin untuk pembersihan dan verifikasi data secara berkala untuk menjaga keaslian dan kepercayaan data dalam sistem CRM.
Keseimbangan Biaya & Nilai - Lakukan penilaian secara terperinci untuk memilih solusi CRM yang paling efektif. Pikirkan ROI jangka panjang dan bukan biaya jangka pendek.
Privasi dan Keterlibatan Pasien - Rancang strategi bisnis berbasis CRM yang berinteraksi secara efektif dengan pasien namun tetap menghormati hak-hak mereka. Kepercayaan dapat ditingkatkan melalui informasi yang jelas tentang penggunaan data serta privasi mereka.
Berikut informasi akan tentang pentingnya implementasi customer relationship management (CRM) untuk tim sales dalam meningkatkan pertumbuhan dari bisnis berbasis kesehatan Anda yang sekiranya dapat dipertimbangkan dalam mencapai keuntungan yang lebih maksimal.
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan CRM Sales App , aplikasi untuk sales performance automation software, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM dan lainnya, SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.