Mengenal Lebih Dalam Akan Mobile CRM & Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

By Maria | Last Updated: 23 January 2025

undefined


Dalam dunia bisnis yang serba cepat saat ini, satu hal yang sangat jelas - tetap terhubung dengan pelanggan Anda adalah suatu keharusan mutlak. Disinilah software CRM berbasis mobile apps hadir untuk membantu bisnis Anda.

Dalam artikel berikut ini, kami akan mencoba membahas secara mendalam tentang CRM berbasis mobile apps, mengapa CRM dengan mobile apps dapat menjadi pengubah permainan bisnis Anda, dan manfaat utama yang diberikannya bagi bisnis Anda.

Entah jika Anda menjalankan perusahaan berbasis startup atau bisnis yang sudah lama berdiri, CRM berbasis mobile apps dapat menjadi salah satu alat yang dapat meningkatkan koneksi dan penjualan untuk bisnis Anda.

Yang Dimaksud Dengan CRM Berbasis Mobile Apps

Software CRM berbasis mobile apps merupakan software CRM yang dapat diakses dari mobile apps untuk membantu bisnis Anda dalam melacak pelanggan dan berkomunikasi dengan mereka dengan lebih baik. 

CRM berbasis mobile apps dapat menjadi buku alamat digital sekaligus sistem pengiriman pesan dari bisnis Anda kepada pelanggan. Software CRM berbasis mobile apps membantu bisnis Anda untuk tetap terorganisasi dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Agar CRM berbasis mobile apps berfungsi secara efektif, pelacakan data pelanggan dan memelihara hubungan sama pentingnya.

Menurut definisinya, sistem CRM berbasis mobile apps memiliki tiga fitur inti:

  • Penyimpanan - CRM berbasis mobile apps memungkinkan Anda menyimpan berbagai jenis data seperti nomor telepon, catatan, transaksi penjualan, dan banyak lagi.
  • Pengelolaan - CRM berbasis mobile apps bukan hanya menjadi aplikasi penyimpanan berbasis cloud, seperti Google Drive atau iCloud. CRM berbasis mobile apps tidak sekadar menyimpan data, tetapi juga mengaturnya ke dalam kategori seperti Kontak, Transaksi, atau Organisasi. Misalnya, Anda dapat menyimpan dua nomor telepon: satu di bawah kategori Kontak dan satu lagi di bawah kategori Organisasi.
  • Pemberitahuan - Selain menyimpan dan mengatur data, CRM berbasis mobile apps mengingatkan Anda kapan harus berinteraksi dengan pelanggan atau menindaklanjuti prospek. Saat Anda memasukkan data, CRM berbasis mobile apps secara otomatis dapat melakukannya.


Siapa Saja Yang Membutuhkan Software CRM 

Software CRM berbasis mobile apps membantu Anda tetap terhubung dengan prospek dan pelanggan saat bepergian. Penggunaan mobile apps ini penting dalam beberapa situasi dan pengguna, seperti:

Tim Penjualan Lapangan

Tim sales lapangan, agen properti, atau pialang asuransi merupakan contoh pengguna yang pertama kali mendapatkan manfaat dari software berbasis CRM. Mereka sering kali mengadakan rapat dengan klien di luar kantor dan perlu mengakses info pelanggan serta membuat catatan dengan cepat dari genggaman tangan mereka.

Bisnis Dengan Layanan Rumah / Home Industries

Jika Anda menjalankan bisnis layanan rumah, kemungkinan besar Anda memiliki beberapa teknisi (teknisi perbaikan, teknisi pipa, atau teknisi listrik). Mereka menyediakan layanan secara langsung di rumah pelanggan. 

Inilah sebabnya teknisi Anda juga memerlukan akses pada beberapa data terkait pelanggan dari ponsel mereka. Misalnya, detail pekerjaan, atau riwayat layanan, atau catatan lainnya.

Untuk bisnis layanan rumah, memiliki software CRM berbasis mobile apps tidak hanya menghemat waktu tetapi juga meningkatkan pengalaman pelanggan.

Bisnis Konsultasi

Setiap bisnis yang sering mengadakan pertemuan langsung dengan klien akan mendapatkan manfaat dari penggunaan CRM berbasis mobile apps. Terutama untuk profesi seperti konsultan, pengacara, atau profesional dalam bidang pemasaran yang sering bertemu dengan klien baru maupun lama.

Profesi konsultan perlu mempersiapkan diri untuk pertemuan langsung dengan klien yang sering terjadi di luar kantor. Dalam hal ini, software CRM berbasis mobile apps membantu menyimpan catatan dengan cepat setelah setiap pertemuan dan mengatur pengingat untuk tindak lanjut dari meeting yang sudah dilakukan dengan klien.

undefined


Manfaat Penggunaan Software CRM Berbasis Mobile Apps 

Software CRM berbasis mobile apps memungkinkan bisnis Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan menggunakan perangkat seluler (ponsel dan tablet). Software CRM berbasis mobile apps dapat digunakan untuk membantu bisnis Anda dalam melacak informasi pelanggan, berkomunikasi dengan lebih baik, dan memberikan pengalaman pelanggan yang berkualitas.

Akses Real-Time Untuk Data Penjualan 

Software CRM berbasis mobile apps memungkinkan Anda mengelola penjualan dengan cepat dan tetap terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan. Menurut Forbes, tim sales menghabiskan 50% hari kerja mereka untuk berjualan dari jarak jauh. Statistik ini menggarisbawahi manfaat dan nilai yang diberikan dari penggunaan software CRM berbasis mobile apps.

Memiliki akses ke data secara real-time membantu tim sales Anda untuk menjual dengan lebih cerdas dan menemukan peluang baru serta membantu mereka membuat keputusan lebih cepat. Dengan software CRM berbasis mobile apps, tim sales Anda dapat dengan mudah melihat dan mengelola alur penjualan mereka dan memindahkan transaksi melalui setiap tahap alur penjualan yang membantu Anda mencapai target bahkan saat bepergian.

Tim sales dengan kinerja tinggi dapat menggunakan software CRM berbasis mobile apps yang memungkinkan mereka lebih siap untuk rapat, lebih responsif terhadap pelanggan, dan menjual lebih banyak prospek kepada pelanggan potensial.

Entri Data Yang Lebih Cepat & Efektif

Software CRM berbasis mobile apps membantu tim sales Anda menyelesaikan berbagai hal dan menjual lebih banyak saat mereka bepergian keluar dari kantor Anda. Kemampuan memperbarui informasi saat mereka berada dalam perjalanan adalah kunci untuk memaksimalkan waktu Anda.

Anda dan tim sales juga dengan mudah mengakses kontak bisnis Anda, melacak hasil panggilan, dan mencatat riwayat, serta melihat dan memperbarui alur penjualan. Hal ini dapat memberi Anda keyakinan ekstra untuk mempersonalisasi jangkauan bisnis -  Anda memiliki semua informasi sebelum terjadinya penjualan atau rapat dengan calon klien atau klien dari bisnis Anda.

Memiliki kemampuan untuk memperbarui informasi yang paling relevan tentang prospek kapan saja juga memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa semua data penting senantiasa tercatat dan tersimpan dalam satu dashboard.

Push Notifications

Fitur penting lain dari software CRM berbasis mobile apps adalah push notifications dan pesan dalam aplikasi. Pemberitahuan ini dapat menjadi sangat efektif jika dikirim pada waktu yang tepat dan berisi informasi yang relevan. 

Untuk tim sales Anda tentunya sangat sibuk memelihara prospek dan menutup penjualan, penggunaan push notifications ini tentunya cukup tepat sasaran. Pemberitahuan ini dikirim pada waktu yang tepat (ketika tindakan atau tindak lanjut diperlukan) dan hanya menyertakan informasi yang diperlukan seperti nama kontak dan tindakan yang harus dilakukan.

Jika anggota tim menugaskan sebuah pekerjaan atau kontak, atau menyebut nama tim terkait dalam catatan, push notifications akan dikirim langsung ke dalam perangkat orang terkait.


Berikut beberapa informasi tentang manfaat jenis dari penggunaan software CRM berbasis mobile apps yang sekiranya dapat Anda kenali dan pertimbangkan penggunaannya.

Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan aplikasi sales untuk di lapangan berbasis cloud, Cloud-based CRM, CRM Sales App di Jakarta atau Indonesia, aplikasi untuk sales monitoring, sales tracking,sales performance automation software di lapangan, mobile sales app, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM atau kebutuhan field sales lapangan lainnya,  SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts

Siap Untuk Mengembangkan Usaha Anda?

Dengan SOLUX, Anda dan tim akan bisa fokus untuk berjualan dan membangun hubungan lebih baik dengan pelanggan.

SOLUX adalah Sistem Operasi Penjualan yang membantu Anda/ tim Anda untuk bekerja lebih optimal dan memberikan hasil penjualan yang lebih baik. Sistem ini akan mendorong produktivitas & motivasi, memudahkan pengembangan tim, dan memperdalam hubungan dengan pelanggan.

Get in touch

hello@solux.id

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor

Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8, 

Central Jakarta, Indonesia


©2024 SOLUX, an EANNOVATE company. All rights reserved.