Mengenal Lebih Dekat Akan CRM Berbasis Website Untuk Bisnis Anda

By Maria | Last Updated: 5 August 2024

undefined

Menyiapkan sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM)  memerlukan investasi waktu, energi, dan uang yang besar karena Anda memerlukan ruang untuk perangkat keras, membayar lisensi, menginstal software dan mengelola sendiri CRM Anda pada kantor.

CRM berbasis website menawarkan solusi alternatif yang mudah digunakan — mudah dikelola, dipelihara, dan terjangkau. Dalam artikel berikut ini, kami akan mencoba memberikan beberapa informasi terkait CRM berbasis website dan manfaat penggunaannya.

Apa Yang Dimaksud Dengan CRM Berbasis Website?

Istilah “CRM berbasis Website mengacu pada software manajemen hubungan pelanggan atau CRM. Jenis software digital ini menggunakan model Software-as-a-Service (SaaS) yang dapat digunakan dengan berlangganan secara bulanan di mana Anda dapat memilih dari paket harga yang berbeda.

Tidak mengherankan, CRM yang dihosting dalam website menyumbang 75% dari total pembelanjaan berbasis CRM untuk bisnis saat ini.

CRM berbasis website menampung data pelanggan Anda pada servernya. Anda dapat mengakses data ini dari mana saja melalui Internet. Hal ini memungkinkan Anda memperoleh wawasan pelanggan secara real-time, mengotomatiskan proses, dan masih banyak lagi.

Anda tidak perlu menjalankan atau memperbarui software CRM untuk menggunakan fitur-fiturnya — vendor yang bekerjasama dengan Anda akan mengurusnya.

Manfaat Penggunaan CRM Berbasis Website

Budget Yang Diperlukan Senantiasa Terjangkau

Manfaat yang cukup signifikan dari menggunakan sistem CRM berbasis website adalah efektivitas biaya yang dikeluarkan. Dalam segi harga, tidak ada perbandingan yang mencolok antara CRM berbasis website dan CRM lain pada umumnya. 

Tetapi faktanya, cukup banyak vendor software CRM berbasis website yang menawarkan paket dengan budget minim yang memberikan nilai cukup untuk bisnis berskala kecil.

Namun, hal ini cenderung terbatas dalam hal fungsi dan penggunaan — seringkali menjadikan paket berbayar sebagai pilihan yang lebih baik. Selain itu, beberapa CRM berbasis website menawarkan diskon yang signifikan jika Anda membayar biaya berlangganan per tahun.

Penginstalan Yang Mudah Dilakukan

Keuntungan lain memilih CRM berbasis website dibandingkan  layanan CRM on-premise adalah kemudahan instalasi. Anda tidak perlu membeli hardware, mendapatkan lisensi, atau menginstal sendiri software tersebut.

Sebaliknya, Anda perlu menghubungi vendor penyedia layanan CRM, mendaftar, dan mendapatkan akses langsung ke fitur manajemen hubungan pelanggan yang ditawarkan.

Skalabilitas

Idealnya, bisnis Anda memerlukan CRM yang dapat mengakomodasi pertumbuhan dari bisnis. Meskipun Anda dapat menyiapkan sistem berbasis CRM on-premise sehingga dapat diskalakan, seringkali fitur dan kemampuan yang dimilikinya terbatas.

Di sisi lain, CRM berbasis website cenderung dirancang untuk skalabilitas. Entah seberapa besar skala bisnis Anda — CRM berbasis website memiliki fitur untuk mengakomodasi kebutuhan bisnis Anda seiring perkembangannya.

Akses Yang Mudah

CRM berbasis website dapat diakses dari mana saja asalkan Anda memiliki koneksi Internet dan informasi login. Selain itu, mereka biasanya sistem CRM ini dapat diakses melalui website dan juga smartphone. Artinya, Anda dapat mengakses software terkait melalui keduanya. 

Hal ini dapat menjadi fitur yang bermanfaat jika bisnis Anda memiliki anggota tim yang berlokasi di berbagai area dan sering bepergian keluar dari kantor. 

Dan karena sales dan tim Anda akan memiliki akses ke data terpusat yang sama 24/7 — CRM berbasis website ini dapat memungkinkan anggota tim untuk mencapai kolaborasi yang lebih efektif.


undefined

Fitur Penting Yang DIperlukan Dalam Software CRM

Jadi fitur apa saja yang harus dimiliki yang harus Anda cari ketika memilih CRM berbasis website untuk bisnis Anda?

Otomatisasi - Buat otomatisasi yang kompleks dan sederhana sehingga anggota tim tidak perlu menghabiskan waktu untuk tugas yang berulang dan memakan waktu. 

Analisis & Pelaporan - Kumpulkan dan lacak wawasan berharga tentang pelanggan Anda pada seluruh saluran penjualan. Hal ini akan memastikan anggota tim membuat keputusan bisnis yang lebih tepat menggunakan data pelanggan yang handal.

Integrasi Pihak Ketiga - Kemampuan untuk menghubungkan CRM berbasis website dengan teknologi yang bisnis Anda gunakan saat ini mencegah kebutuhan untuk perpindahan antar sistem yang rumit. Jenis integrasi pihak ketiga mencakup email, kalender, ERP, dokumen, dan banyak lagi.

Manajemen Dokumen - Akses dan kelola siklus perputaran dokumen dengan mudah. Hal ini termasuk membuat, menyesuaikan, dan menjaga dokumen agar senantiasa ter-update dalam CRM berbasis website untuk bisnis Anda.

Beberapa hal diatas tentunya tidak dapat dinegosiasikan. Selain itu, semuanya tergantung kebutuhan bisnis Anda.


Berikut beberapa informasi tentang CRM berbasis website yang sekiranya dapat dipertimbangkan penggunaannya dalam mencapai performa bisnis yang lebih maksimal.

Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan aplikasi atau website sales untuk di lapangan berbasis cloud, Cloud-based CRM, CRM Sales App di Jakarta atau Indonesia, aplikasi untuk sales performance automation software di lapangan, mobile sales app, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM atau kebutuhan field sales lapangan lainnya,  SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts

Siap Untuk Mengembangkan Usaha Anda?

Dengan SOLUX, Anda dan tim akan bisa fokus untuk berjualan dan membangun hubungan lebih baik dengan pelanggan.

SOLUX adalah Sistem Operasi Penjualan yang membantu Anda/ tim Anda untuk bekerja lebih optimal dan memberikan hasil penjualan yang lebih baik. Sistem ini akan mendorong produktivitas & motivasi, memudahkan pengembangan tim, dan memperdalam hubungan dengan pelanggan.

Get in touch

hello@solux.id

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor

Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8, 

Central Jakarta, Indonesia


©2024 SOLUX, an EANNOVATE company. All rights reserved.