Mengenal Lebih Dekat Akan Penggunaan Software CRM dalam Industri Perhotelan

By Maria | Last Updated: 18 December 2024

undefined


Mengelola hubungan merupakan hal penting dalam industri perhotelan. Menjalankan bisnis berbasis perhotelan yang sukses bergantung pada kemampuan Anda untuk berkomunikasi secara efektif dengan tamu dan calon pelanggan, tetapi Anda tidak dapat melakukannya tanpa alat yang tepat.

Layanan pelanggan merupakan kunci untuk memastikan agar tamu dari bisnis perhotelan Anda memiliki pengalaman yang baik, memberikan ulasan yang berkualitas kepada hotel Anda, dan mempromosikannya dari mulut ke mulut secara positif untuk membantu Anda menarik lebih banyak tamu.

Berfokus pada layanan pelanggan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, mendatangkan lebih banyak tamu, dan membuat hotel Anda tetap sibuk, apa pun musimnya. Jadi, bagaimana Anda dapat mengelola hubungan pelanggan dengan tamu secara efektif? Jawabannya adalah dengan menggunakan software CRM untuk bisnis perhotelan.

Manajemen hubungan pelanggan (CRM) merupakan software yang dirancang untuk kebutuhan bisnis hotel yang dapat membantu Anda berinteraksi dengan tamu, menjadwalkan reservasi, mengelola administrasi, dan menyederhanakan komunikasi dalam hotel Anda.

Software berbasis CRM dapat menyederhanakan proses bisnis berbasis perhotelan Anda. Mengintegrasikan software berbasis CRM untuk bisnis hotel Anda dapat membantu meningkatkan layanan pelanggan, mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah dan menjawab pertanyaan, serta dapat beradaptasi dengan bisnis dari berbagai skala ukuran.

Manfaat Penggunaan Software Berbasis CRM Untuk Kebutuhan Hotel

Software manajemen hubungan pelanggan yang berkualitas untuk kebutuhan hotel dapat menyederhanakan layanan pelanggan, pemasaran, penjualan, dan operasional, menyatukan semuanya untuk meningkatkan bisnis berbasis perhotelan Anda pad setiap level.

Manfaat menggunakan sistem manajemen hubungan pelanggan untuk hotel dapat dirasakan , seperti:

Meningkatkan Layanan Pelanggan

Manajemen hubungan pelanggan membantu meningkatkan layanan dan membangun hubungan pelanggan, yang pada akhirnya meningkatkan kepuasan. Dengan penerapan dan penggunaan software hotel yang berkualitas, Anda dapat mulai mengelola layanan pelanggan sebelum tamu melakukan check in, dimulai dengan pengalaman pertama mereka saat berinteraksi dengan bisnis Anda atau saat mereka menelepon untuk memesan.

Anda juga dapat menggunakan software perhotelan berbasis CRM untuk mempelajari tentang pengalaman pelanggan setelah mereka check out. Dengan software CRM, Anda dapat mengirim email kepada tamu yang sudah pernah datang ke hotel Anda untuk menanyakan tentang pengalaman mereka guna membantu Anda meningkatkan layanan pelanggan bagi tamu lainnya yang akan datang.

Alur Kerja Yang Terotomatisasi

Sistem software berbasis CRM untuk industri perhotelan memungkinkan Anda mengotomatiskan beberapa alur kerja di seluruh departemen. 

Setiap hotel memiliki prosesnya sendiri untuk interaksi dengan pelanggan, dan Anda dapat mengoptimalkan dan mengotomatiskan proses Anda untuk memastikan pendekatan yang lebih efisien terhadap layanan pelanggan dan dalam praktik pemasaran.

Misalnya, Anda dapat menyiapkan alur kerja untuk memastikan keluhan dari tamu sampai ke orang yang tepat pada waktu yang tepat untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah.

Selain itu, sistem CRM untuk industri hotel memungkinkan manajemen prospek dari bisnis Anda. Anda dapat menggunakan software berbasis CRM untuk hotel dalam berkomunikasi dan melacak prospek baru, yang pada akhirnya meningkatkan penjualan dan memastikan tindakan yang tepat diambil pada waktu yang tepat untuk beberapa jenis skenario yang mungkin berbeda, tergantung pada konfigurasi Anda.

Anda juga dapat mengotomatiskan pesan pemasaran Anda dengan menggunakan fitur email berbasis CRM untuk tetap berhubungan dengan tamu setelah mereka melakukan pemesanan. Software CRM Anda dapat mengirimkan pengingat otomatis tentang pemesanan langsung dan pembatalan atau email ucapan terima kasih kepada tamu yang telah check out.

undefined


Melacak Keterlibatan Tamu Hotel & Bisnis Anda

Software berbasis CRM untuk kebutuhan industri hotel dapat membantu melacak dan memantau keterlibatan pelanggan untuk membantu tim belajar dari interaksi dengan tamu. Keterlibatan pelanggan dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah dalam saluran pemasaran Anda.

Misalnya, Anda dapat mengidentifikasi titik di mana pelanggan berhenti dan bertukar pikiran tentang cara-cara untuk meningkatkannya dengan melacak tingkat keterlibatan. 

Jika pelanggan keluar dari saluran pemasaran yang Anda gunakan, Anda dapat mengirimi mereka promosi atau penawaran untuk menarik mereka kembali.

Mengelola Komunikasi

Dengan begitu banyak tamu dan pemesanan kamar yang harus dikelola, mungkin sulit untuk menjaga agar semua komunikasi yang Anda lakukan dalam satu hari senantiasa berkualitas secara sempurna.

Namun, sistem berbasis CRM dapat membantu Anda mengatur, memprioritaskan, dan mengelola semua komunikasi secara efektif dengan menggabungkan sistem telepon, email, pesan teks, obrolan langsung, dan media sosial ke dalam satu dashboard yang mudah digunakan dalam menanggapi kebutuhan tamu sebelum, selama, dan setelah mereka menginap dari hotel Anda.


Berikut beberapa informasi tentang bagaimana software berbasis CRM yang tepat dapat digunakan untuk bisnis dalam industri perhotelan yang dapat Anda pertimbangkan penggunaannya dalam mencapai performa yang lebih maksimal dalam bisnis Anda.

Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan Sales Monitoring System , aplikasi untuk sales tracking, pelacakan aktivitas sales, software dan dashboard penjualan, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM dan lainnya,  SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts

Siap Untuk Mengembangkan Usaha Anda?

Dengan SOLUX, Anda dan tim akan bisa fokus untuk berjualan dan membangun hubungan lebih baik dengan pelanggan.

SOLUX adalah Sistem Operasi Penjualan yang membantu Anda/ tim Anda untuk bekerja lebih optimal dan memberikan hasil penjualan yang lebih baik. Sistem ini akan mendorong produktivitas & motivasi, memudahkan pengembangan tim, dan memperdalam hubungan dengan pelanggan.

Get in touch

hello@solux.id

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor

Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8, 

Central Jakarta, Indonesia


©2024 SOLUX, an EANNOVATE company. All rights reserved.