
Apa perbedaan antara CRM dan CMS? Dalam dunia bisnis berbasis digital, hal ini adalah pertanyaan yang cukup umum mengingat akronim keduanya sekilas terlihat serupa.
CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management atau Manajemen Hubungan Pelanggan, yang mengacu pada alat yang membantu Anda memelihara hubungan bisnis dengan pelanggan.
Sebaliknya, sistem manajemen konten (CMS) merupakan platform yang menyederhanakan proses manajemen konten dalam website Anda.
Seperti yang akan Anda lihat, kedua alat ini memiliki tujuan berbeda, dan keduanya sangat bernilai bagi bisnis Anda. Dalam artikel ini, kami mencoba membantu Anda untuk mengetahui perbedaan keduanya.
Apa Yang Dimaksud Dengan CRM
Pada intinya, sistem CRM dimaksudkan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan meningkatkan hubungan pelanggan melalui interaksi yang ditargetkan dan terorganisir.
Idenya dari penggunaan CRM untuk bisnis Anda perlu menumbuhkan dan membina hubungan serta membuat setiap pelanggan merasa dihargai sebagai bagian dari mendapatkan lebih banyak prospek, mencapai lebih banyak kesepakatan, dan menjaga pelanggan Anda untuk senantiasa loyal dan setia.
Software berbasis CRM yang berkualitas digunakan sebagai basis data kontak dan komunikasi yang kuat dan sebagai tempat dari sebagian besar interaksi pelanggan Anda dimulai dan diakhiri.
Selain penjualan dan dukungan pelanggan, CRM juga merupakan alat pemasaran yang kuat, sering kali dilengkapi dengan fitur otomatisasi yang menutup kesenjangan antara kampanye pemasaran dan proses penjualan.
Secara logistik, pengumpulan prospek berbasis digital seperti pemasaran berbasis email, dan media sosial semuanya berada pada satu saluran.
Software berbasis CRM yang berkualitas dapat membantu mengubah prospek yang kurang baik pada saluran tersebut menjadi prospek berkualitas dan meningkatkan hasil pada kedua sisi.
Apa Yang Dimaksud Dengan CMS
Secara sederhana, CMS digunakan untuk membuat, mempublikasikan, mengedit, dan mengelola website Anda dan setiap konten di dalamnya. Beberapa contoh CMS populer yang menyederhanakan pembuatan konten dan pengelolaan aset digital adalah WordPress, Magento, dan Joomla.
Nilai CMS terletak pada kepraktisannya. Website atau halaman arahan merupakan saluran pemasaran kedua yang paling banyak digunakan setelah media sosial, yang membuat setiap bisnis senantiasa membutuhkannya. Namun merancang, mengembangkan, dan memperbarui website serta konten di dalamnya dapat menjadi upaya yang rumit. Penggunaan CMS membuat hal ini terasa lebih mudah.
Dengan CMS, Anda memiliki akses tampilan UI / UX yang ramah pengguna serta memungkinkan tim internal Anda untuk masuk dan memperbarui website.
Hal ini dapat berupa tindakan seperti mengunggah konten website, seperti informasi akan acara bisnis atau unggahan blog, atau menambahkan produk baru ke dalam website berbasis e - commerce. Tanpa menggunakan CMS, Anda mungkin perlu menyewa jasa dari tim vendor eksternal yang menyediakan jasa layanan yang dapat mencakup hal ini.
Apa Perbedaan Terbesar dari CRM & CMS?
Jika Anda sedang mempertimbangkan penggunaan CRM untuk bisnis Anda, fitur dan manfaat utama yang ingin Anda cari :
- Manajemen Kontak - Menyimpan dan melacak informasi kontak pelanggan, termasuk media sosial
Pelacakan Interaksi - Mencatat interaksi pelanggan, termasuk email, panggilan telepon, pesan teks
- Manajemen Prospek - Melacak dan menilai prospek secara efektif dan mendapatkan wawasan tentang konversi
Di sisi lain, sebagai perbandingan, CMS memungkinkan Anda dan tim Anda untuk menggunakan fitur seperti :
- Perilisan Konten - Menyederhanakan proses penerbitan konten dan pemasaran konten
- Pemeliharaan Website - Mempermudah proses pemeliharaan website
- Aksesibilitas Pemasaran - Mencegah terjadinya hambatan masuk untuk upaya pemasaran digital, seperti pemasaran konten.
Dalam praktiknya, jika Anda mencari alat untuk mengembangkan bisnis Anda, pilihan yang tepat bergantung pada jenis bisnis yang Anda lakukan dan kebutuhan spesifik yang bisnis Anda butuhkan.
Mana Yang Bisnis Anda Butuhkan - CRM atau CMS?
Jika Anda menjual produk secara online dan menghabiskan banyak waktu memperbarui website, Anda mungkin menginginkan CMS yang berkualitas untuk menyederhanakan berbagai hal.
Sebaliknya, jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu berinteraksi dengan klien dan mengikuti prospek, CRM akan lebih membantu Anda secara tepat.
Faktanya, CRM dan CMS merupakan solusi untuk dua masalah bisnis yang berbeda, yang membuat bisnis tetap akan mendapatkan keuntungan dari penggunaan keduanya.
CRM sangat ideal untuk usaha yang masih berskala kecil dan perusahaan besar yang ingin menemukan lebih banyak peluang penjualan, seperti:
- Bisnis yang ingin meningkatkan manajemen prospek dan manajemen pelanggan
- Tim sales yang ingin mencapai lebih banyak kesepakatan
- Siapa pun yang bekerja dalam perencanaan penjualan yang membutuhkan lebih banyak wawasan untuk meningkatkan strategi bisnis kedepannya.
Di sisi lain, CMS sangat ideal bagi siapa saja yang perlu mengelola konten dalam website. Hal ini mencakup semuanya, mulai dari unggahan blog dan artikel hingga aset grafis, audio, dan video. Orang-orang yang mungkin menggunakan CMS termasuk, namun tidak terbatas, seperti:
- Desainer Website
- Content Creator untuk Pemasaran
- Editor
- Tim SEO dan pemasaran berbasis digital
- Pemilik usaha
- Freelancer
- dan sebagainya
Ketika kita melihat definisi CRM dan CMS, keduanya tampak sangat berbeda. Namun sekali lagi, jika bisnis Anda memiliki tim pemasaran dan tim penjualan, keduanya dapat bekerja sama secara efektif untuk menghasilkan prospek dan mengubah prospek tersebut menjadi pelanggan setia. Kedua hal ini bukan sekedar sebagai perbandingan, melainkan memberikan proposisi nilai untuk kedua alat tersebut dan mana yang lebih bisnis Anda butuhkan.
Berikut beberapa informasi tentang perbedaan akan CRM dan CMS untuk dipertimbangkan penggunaannya oleh tim bisnis dan sales Anda dalam mencapai target pelanggan yang efektif dan keuntungan yang lebih maksimal.
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan aplikasi sales untuk di lapangan berbasis cloud, Cloud-based CRM, CRM Sales App di Jakarta atau Indonesia, aplikasi untuk sales performance automation software di lapangan, mobile sales app, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM atau kebutuhan field sales lapangan lainnya, SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.