Berbekal dari pengalaman dalam tiga tahun belakangan ini, banyak yang menyebut bisnis dalam industri transportasi dan logistik sebagai tulang punggung respons dari penanggulangan terjadinya pandemi COVID-19.
Selama masa pandemi, bisnis dan perusahaan yang bergerak di bidang ini bekerja tanpa lelah untuk menyesuaikan layanan mereka dengan menggunakan proteksi pengiriman dengan APD dan peralatan medis, serta mendukung sejumlah besar bisnis e-commerce dalam mengirimkan barang kepada semua orang yang terisolasi di rumah mereka.
Dan seiring kita memasuki 'tahun yang baru dan normal', kesuksesan bisnis dalam industri transportasi dan logistik didasarkan pada pengalaman pelanggan. Penyedia layanan logistik (LSP) bertujuan untuk memenuhi dan melampaui harapan, mulai dari penjemputan hingga pengiriman setiap produk dan layanan yang Anda butuhkan.
Bisnis berbasis transportasi dan logistik yang menawarkan layanan pelanggan yang berkualitas senantiasa perlu membangun reputasi mereka, memberi insentif kepada pelanggan yang menggunakan jasa mereka secara berulang, dan memastikan pertumbuhan bisnis.
Hasilnya, bisnis yang bergerak dalam industri berbasis logistik dan transportasi mendigitalkan banyak proses mereka dan memanfaatkan teknologi untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Disinilah software CRM berperan ā menawarkan kombinasi antara otomatisasi tugas, komunikasi, manajemen informasi, dan pemetaan lokasi.
Kemampuan software CRM untuk menyederhanakan seluruh proses pemesanan menjadikannya teknologi yang wajib dimiliki oleh para pebisnis dalam bidang transportasi dan logistik. Mari kita bahas lebih lanjut pada artikel berikut ini.
Mengapa Anda Perlu Berinvestasi Dengan Menggunakan Software CRM?
Sistem CRM menawarkan berbagai keuntungan bagi bisnis yang ingin berinvestasi dalam implementasi yang efektif. Dan bagi bisnis atau perusahaan yang beroperasi dalam bidang transportasi dan logistik, ada serangkaian manfaat khusus yang bisa didapatkan.
Berikut beberapa manfaat utama implementasi dari software CRM untuk industri logistik atau transportasi.
Meningkatkan Manajemen Pengelolaan Pelanggan & Monitor dari SLA
Platform CRM menyediakan berbagai wawasan baru tentang pertanyaan pelanggan yang dapat diakses oleh setiap tim dan karyawan Anda. Hal ini membantu tim layanan pelanggan menemukan informasi yang sesuai dengan cepat dan memberikan saran dengan kualitas terbaik dalam menanggapi masalah dan keluhan layanan.
Untuk kebutuhan penanganan masalah secara langsung, tim Anda dapat melacak prioritas, dampak, dan jadwal komunikasi yang terkait dengan laporan apa pun. Dengan cara ini, semua masalah dapat dicatat dan ditangani dengan penyelesaian yang cepat dan akurasi maksimal, tanpa pelanggan perlu bolak-balik tanpa henti berinteraksi dengan operator layanan pelanggan yang berbeda.
Dengan meningkatkan manajemen terjadinya masalah, software CRM telah memungkinkan banyak bisnis dalam bidang logistik dan transportasi untuk menetapkan prioritas pada area SLA (service level agreement) yang disepakati. Hal ini memastikan bahwa pelanggan selalu menerima tingkat dukungan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Secara bersamaan, pelaporan data pelanggan melalui dashboard CRM membantu menyoroti layanan yang diinginkan bagi pelanggan dan memastikan bahwa mereka mendapatkan penawaran layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Tingkat aksesibilitas data ini mengurangi tingkat duplikasi aktivitas dan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.
Software berbasis CRM juga mendukung alur kerja internal yang lancar dengan mengotomatiskan tugas-tugas rutin. Misalnya, otomatisasi proses penerimaan permintaan dari berbagai saluran komunikasi (telepon, website, media sosial, email) dan menugaskannya kepada manajer.
Hal ini memastikan tidak ada data yang terlewat dan setiap pertanyaan klien ditangani dengan waktu penyelesaian yang cepat, membantu memastikan retensi pelanggan untuk bisnis logistik Anda.
Insight Pemasaran & Sales Yang Lebih Berkualitas
Software CRM menyatukan pemasaran dan penjualan ke dalam satu platform, mendukung setiap departemen untuk meningkatkan prosesnya. Hal ini memungkinkan data pelanggan dikumpulkan dan diatur dengan mudah untuk menyederhanakan operasi dan menginformasikan pengambilan keputusan.
Misalnya, tim pemasaran dari bisnis Anda dapat mengotomatiskan komunikasi dalam alur kerja mereka dan mengurangi waktu dan perhatian yang dialokasikan untuk kampanye berulang yang berprioritas rendah. Sebaliknya, mereka dapat memprioritaskan produksi konten khusus untuk akun tertentu atau kelompok pelanggan yang teridentifikasi.
Setelah konten didistribusikan pada kelompok pelanggan yang tersegmentasi, software CRM Anda juga dapat menilai keberhasilannya. Platform berbasis CRM dapat memberikan insight bernilai dalam bentuk umpan balik yang dikumpulkan dari survei, atau dengan mengukur kinerja terhadap SLA.
Berdasarkan umpan balik, software CRM dapat memilih untuk mengkategorikan pelanggan menurut faktor keuntungan atau risiko, yang memungkinkan tim Anda untuk membuat prediksi pendapatan yang lebih akurat dan membuat rencana yang lebih efektif.
Software berbasis CRM juga mendukung tim sales untuk mengelola prospek dengan lebih efektif. Software CRM memungkinkan tim sales Anda untuk:
-
Menetapkan saluran yang paling sesuai untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.
-
Memantau perilaku pembelian pelanggan yang sedang berlangsung.
-
Melacak prospek baru dari berbagai saluran digital.
-
Mengantisipasi kebutuhan pelanggan dan menindaklanjutinya dengan tepat untuk mengamankan pembelian yang berulang.
-
Menilai layanan mana yang menarik banyak pertanyaan untuk mengidentifikasi area yang memerlukan pengoptimalan.
Secara keseluruhan, implementasi software CRM membantu Anda sebagai bisnis yang menyediakan layanan logistik untuk mengidentifikasi dan melacak peluang bisnis, mendapatkan umpan balik dari pelanggan, dan menginformasikan strategi masa depan berdasarkan keberhasilan masa lalu.
Penyederhanaan Penawaran Harga & Manajemen Data
Pengelolaan variabel pada berbagai rute, jadwal, atau mata uang dapat menjadi rumit. karena itulah, bisnis yang bergerak pada bidang transportasi dan logistik akan memperoleh manfaat besar dari proses penawaran harga yang sudah disederhanakan yang memperhitungkan pungutan atau pajak impor.
Software CRM menyederhanakan proses penawaran harga dan memastikan bahwa semua kontrak yang relevan disimpan di satu tempat, dengan pengingat pembaruan bagi tim sales yang dapat mencegah peluang pendapatan terlewatkan.
Namun, software CRM tidak hanya memungkinkan tim untuk menghasilkan penawaran harga yang rumit, tetapi juga menganalisisnya berdasarkan beberapa variabel keuangan, memastikan bahwa mereka selalu dapat memenuhi sasaran keuntungan dari bisnis.
Sistem CRM juga mendukung manajemen data yang lebih efektif. CRM untuk bisnis dalam industri transportasi dan logistik menawarkan profil informasi pelanggan terperinci dari satu basis pengetahuan yang dapat diakses, yang berisi informasi tentang:
-
Riwayat transaksi
-
Status transit
-
Waktu pengiriman yang diharapkan
-
Kontrol inventaris
-
Dokumentasi kendaraan
-
Informasi penagihan
-
Data ini dapat dimanfaatkan untuk membuat dan berbagi laporan dengan investor bisnis, memberikan insight berbasis data tentang pemenuhan tenggat waktu, kinerja layanan, dan lainnya, untuk menginformasikan pengambilan keputusan dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.
Meningkatkan Pengalaman Pelanggan
Bagi banyak bisnis, salah satu motif utama di balik penggunaan software CRM adalah untuk meningkatkan layanan pelanggan. Hal ini sangat mempengaruhi pengalaman pelanggan, yang sangat penting dan terkait erat dengan logistik.
Saat klien menghubungi bisnis Anda, faktor terpenting yang menentukan pengalaman mereka adalah kesan pertama dari individu yang berinteraksi dengan mereka. Jadi, jika tim Anda ingin mengamankan penjualan dari pelanggan baru, Anda perlu membekali tim layanan Anda dengan alat yang diperlukan untuk membangun hubungan pelanggan yang lebih efektif. Namun, bagaimana bisnis logistik Anda dapat meningkatkan pengalaman pelanggan?
Salah satu strateginya adalah manajemen pencegahan masalah yang lebih baik. Software CRM dapat memungkinkan layanan mandiri secara online untuk mengarahkan permintaan dukungan ke basis pengetahuan yang dapat memberikan panduan untuk pertanyaan umum.
Kemudian, pelanggan dapat mencatat masalah apa pun yang tidak dapat diselesaikan dengan mudah ā misalnya, pengiriman yang hilang atau rusak ā untuk dikirim ke tim layanan Anda. Sementara itu, pelanggan menerima pembaruan rutin untuk terus memberi mereka informasi di setiap titik kontak selama siklus layanan dari bisnis Anda berjalan.
Setelah pertanyaan diajukan kepada tim Anda, pelanggan akan menerima solusi yang lebih cepat dan lebih membantu untuk masalah mereka melalui beberapa cara, seperti :
-
Tim Anda dapat merujuk pada basis pengetahuan untuk informasi tentang kasus serupa dan semua detail yang terkait dengan pertanyaan
-
Software CRM membantu memberikan kepemilikan yang lebih besar atas masalah tertentu, sehingga anggota tim yang sama dapat menangani semua masalah terkait
-
Masalah secara otomatis diarahkan pada anggota tim yang paling berkualifikasi untuk menyelesaikannya
Secara bersamaan, manfaat ini membantu membangun kepercayaan antara pelanggan dan tim dukungan pelanggan dari bisnis Anda, mempercepat waktu penyelesaian, dan meminimalkan gesekan bagi kedua belah pihak.
Berikut beberapa informasi tentang manfaat penggunaan software berbasis CRM untuk industri logistik dan transportasi yang sekiranya dapat Anda kenali dan pertimbangkan penggunaannya.
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan aplikasi sales untuk di lapangan berbasis cloud, Cloud-based CRM, CRM Sales App di Jakarta atau Indonesia, aplikasi untuk sales monitoring, sales tracking,sales performance automation software di lapangan, mobile sales app, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM atau kebutuhan field sales lapangan lainnya, SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.