Mengenal Penggunaan CRM & Kesesuaiannya Untuk Berbagai Industri Bisnis

By Maria | Last Updated: 4 December 2024

undefined

Tidak semua industri memiliki kebutuhan manajemen hubungan pelanggan yang sama. Agen yang bergerak dalam bisnis properti mengandalkan jaringan mereka untuk menutup transaksi, sedangkan bisnis layanan kontraktor mungkin menggunakan sistem CRM untuk melacak waktu kerja dari karyawan mereka.

Dengan banyaknya manfaat dari software berbasis CRM untuk setiap industri, memilih salah satunya dapat menjadi tantangan tersendiri. Belum lagi ada banyak platform CRM yang dapat disesuaikan dengan industri apa pun.

Untuk membantu Anda dalam perjalanan untuk mencari platform atau software CRM yang tepat bagi industri dan bisnis Anda, mari kita lihat dalam artikel ini tentang jenis CRM apa yang dapat Anda pilih, apa yang perlu dipertimbangkan, dan berbagai industri yang sekiranya memerlukan CRM.

Beberapa Jenis CRM - Spesifik Untuk Industri Tertentu vs Umum Digunakan

Banyak bisnis atau perusahaan memilih CRM yang secara spesifik dirancang untuk kebutuhan mereka karena menawarkan sejumlah keuntungan, seperti:

  • Fitur khusus yang sesuai dengan pekerjaan
  • Memenuhi persyaratan industri untuk keselamatan atau kepatuhan
  • Akses pada keahlian industri dari vendor CRM terkait
  • Tidak perlu mengadaptasi fitur generik dengan kebutuhan industri lainnya


Meskipun software CRM yang dirancang khusus bagi keperluan industri memiliki kelebihannya sendiri, software CRM secara umum juga dapat memenuhi persyaratan khusus, dan juga memiliki manfaatnya sendiri, berikut beberapa diantaranya : 

  • Fleksibel untuk memenuhi kebutuhan Anda
  • Dapat disesuaikan dengan tim mana pun dalam internal bisnis Anda
  • Lebih banyak opsi penyesuaian untuk mengembangkan CRM sesuai keinginan Anda
  • Umumnya lebih murah dibandingkan dengan opsi khusus dari industri
  • Akses ke serangkaian fitur yang lebih lengkap


Jadi, bagaimana Anda harus memilih di antara keduanya? Mari kita lihat beberapa pertimbangan yang perlu diingat.

Sebelum beralih untuk menggunakan software CRM apa pun, luangkan waktu sejenak untuk menganalisis kebutuhan unik bisnis Anda. Dengan melihat aktivitas harian dan operasi yang ingin dioptimalkan, Anda mungkin menyadari bahwa bisnis Anda memerlukan fungsi CRM yang berbeda dari yang diharapkan sebelumnya. 

Berikut beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan CRM untuk bisnis Anda

Perhatikan Budget Yang Bisnis Anda Miliki

Tentu saja, jangan memilih platform CRM yang tidak sesuai dengan budget Anda. Buat daftar semua orang di dalam atau di luar bisnis Anda yang sekiranya memerlukan akses pada software CRM untuk melihat berapa banyak jumlah akun yang Anda perlukan, dan pertimbangkan juga biaya fitur tambahan.

Kenali Kebutuhan & Persyaratan Yang Diperlukan dalam Software CRM 

Persempit kebutuhan utama bisnis dalam hal penggunaan CRM. Apakah Anda perlu mengotomatiskan banyak tugas manual? Apakah Anda ingin fokus pada pengelolaan prospek? 

CRM yang dirancang khusus dan spesifik untuk bisnis Anda mungkin lebih baik untuk tujuan yang berbeda, jadi putuskan apa perhatian utama yang ingin Anda tangani.

Periksa Tentang Legalitas & Regulasi Penggunaan CRM Untuk Bisnis Anda

Jika Anda berada dalam industri dengan persyaratan khusus untuk keamanan dan membutuhkan keamanan tinggi akan data disimpan, gunakan hal tersebut untuk membantu Anda mempersempit daftar produk dan layanan legal yang diberikan dari bisnis Anda. Tidak ada gunanya mencari-cari produk yang tidak akan disetujui oleh manajemen atau badan regulasi dari pemerintah.

Pertimbangkan Opsi Mobile-Friendly Untuk Software CRM Anda

Banyak industri yang tidak hanya bekerja pada satu tempat. Apakah tim Anda sering berpindah-pindah ketika bekerja, janji pertemuan dengan klien, lokasi kerja, atau cabang, Anda menginginkan CRM yang dapat Anda bawa-bawa. Cari platform yang menawarkan versi seluler untuk melacak tugas dan klien saat bepergian.

Pahami Kebutuhan Kustomisasi Dari Bisnis Anda

Pertimbangkan apakah Anda menginginkan platform yang siap digunakan sebagaimana adanya atau jika Anda berencana untuk menyesuaikannya agar sesuai dengan bisnis Anda. 

Sebaiknya, Anda memilih software CRM yang dapat dikonfigurasi dan disesuaikan dengan perubahan apa pun yang dialami dari bisnis Anda, baik berupa perubahan atau penskalaan. 

Software CRM Yang Dikembangkan Khusus Untuk Industri Bisnis Spesifik

Berikut ini adalah beberapa contoh industri yang menggunakan CRM sebagai alat kerja harian. Meskipun setiap industri memiliki kebutuhannya sendiri, masing-masing dapat memperoleh manfaat dari platform CRM yang dirancang khusus atau secara umum. 

Platform CRM dari Segi Skala Ukuran Bisnis

  • CRM berbasis SaaS - Bisnis atau perusahaan yang bergerak pada industri di bidang SaaS dapat menggunakan CRM untuk melacak prospek, membantu tim penjualan mengotomatiskan proses, dan mempertahankan pelanggan sambil melacak posisi mereka dalam alur penjualan.
  • CRM Untuk Bisnis Berskala Kecil - Setiap bisnis yang berskala kecil dapat memperoleh manfaat dari platform CRM untuk manajemen prospek, manajemen alur penjualan, kolaborasi karyawan, dan penyimpanan data pelanggan.
  • CRM Untuk Bisnis Berbasis Startup - Perusahaan yang bergerak dalam bidang startup dapat menggunakan CRM untuk memelihara hubungan dengan klien dan investor, memusatkan data, berkolaborasi antar tim, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih berkualitas.


Software CRM untuk Layanan Perbankan & Asuransi

  • Software CRM  Berbasis Perbankan - Bank dapat menggunakan platform CRM untuk membantu menjaga data pelanggan tetap kohesif di beberapa cabang dan juga membantu mempersonalisasi setiap interaksi.
  • Software CRM  Berbasis Asuransi - CRM dapat membantu agen asuransi mengotomatiskan proses kerja tertentu, mengelola prospek, dan melacak status klaim setiap klien dengan lebih baik.
  • Software CRM Berbasis Asuransi Jiwa - Software CRM membantu bisnis layanan asuransi jiwa untuk meningkatkan layanan pelanggan, mengotomatiskan tugas, berkolaborasi antar tim, menjalankan laporan, dan memusatkan data mereka.
  • Software CRM Untuk Bisnis Peminjaman / Mortgage - Pialang untuk layanan peminjaman dapat beralih ke sistem CRM untuk berkomunikasi secara efisien, menyimpan catatan klien dan prospek, serta mengatur detail setiap interaksi klien.
  • Software CRM Untuk Bisnis Berbasis Capital Venture - Software CRM membantu bisnis berbasis  modal ventura mengelola portofolio, transaksi yang sedang berlangsung, menyimpan berkas penting, dan mengumpulkan modal berdasarkan data.


Penggunaan Software CRM Untuk Industri Dengan Orientasi Layanan Pelanggan

  • Software CRM Untuk Layanan Perhotelan - Informasi yang dikumpulkan dari software CRM dapat membantu pekerja hotel meningkatkan loyalitas pelanggan, mengelola penyewaan kamar pada musim liburan, dan memenuhi harapan pengunjung dengan lebih baik.
  • Software CRM Untuk Layanan Retail - Bisnis retail dapat menggunakan CRM untuk mempersonalisasi pengalaman pelanggan dan mengoptimalkan strategi penjualan dengan menganalisis data pelanggan.
  • Software CRM Untuk Layanan Restoran  - Restoran dapat menggunakan platform CRM untuk meningkatkan program loyalitas dengan melacak interaksi pelanggan untuk menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi dan membuat pelanggan datang kembali.
  • Software CRM Untuk Layanan Properti - Agen properti dapat menggunakan CRM saat bepergian untuk mengelola komunikasi, mengatur janji temu dan kunjungan, dan melacak kebutuhan setiap klien.
  • Software CRM Untuk Layanan Pengacara - Pengacara dapat menggunakan CRM untuk mengunggah dan menyimpan dokumen penting, menarik dan mempertahankan klien, dan melacak kemajuan kasus yang dijalankan.
  • Software CRM Untuk Layanan Penerbitan - Software CRM membantu penerbit lebih memahami basis pembaca sehingga mereka dapat merilis produk yang relevan dengan kebutuhan mereka.
  • Software CRM Untuk Layanan Perekrutan - Bisnis atau perusahaan yang menjalankan perekrutan dapat menggunakan software CRM untuk membina kandidat, melacak proses perekrutan, dan menyimpan basis data kandidat yang mungkin.


Penggunaan Software CRM Untuk Kebutuhan Industrial

  • Software CRM Untuk Industri Otomotif - Software CRM dapat membantu dealer mobil meningkatkan layanan pelanggan dengan menyediakan pengalaman penjualan yang disesuaikan dengan alat yang membantu mereka melacak interaksi pelanggan individual.
  • Software CRM Untuk Kebutuhan Konstruksi - Software CRM dapat membantu bisnis konstruksi melacak proyek, berkomunikasi secara efisien, dan bekerja dengan pemasok dan subkontraktor.
  • Software CRM Untuk Kontraktor - Kontraktor dapat menggunakan software CRM untuk melacak jadwal mereka, mengunggah file, melacak waktu kerja karyawan, dan membuat operasi lebih efisien.
  • Software CRM Untuk Industri Manufaktur - Produsen yang menggunakan platform CRM dapat menggunakannya untuk memenuhi tujuan, merencanakan dan memperkirakan produksi dengan lebih baik, dan mengirimkan produk berkualitas kepada pelanggan.
  • Software CRM Untuk Kebutuhan Utilitas - Perusahaan dengan layanan utilitas dapat menggunakan CRM untuk mengatur sejumlah besar data pelanggan, mengelola interaksi klien, mendapatkan insight baru, dan menganalisis data untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
  • Software CRM Untuk Kebutuhan Logistik - Software CRM membantu tim logistik berkomunikasi dan berkolaborasi di berbagai lokasi sambil mengelola data penting untuk operasi yang efisien.



Berikut beberapa informasi tentang penggunaan software CRM dan kesesuaiannya dalam berbagai industri bisnis yang  sekiranya dapat dipertimbangkan penggunaannya dalam mencapai performa bisnis yang lebih maksimal.

Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan aplikasi atau website sales untuk di lapangan berbasis cloud, Cloud-based CRM, CRM Sales App di Jakarta atau Indonesia, aplikasi untuk sales performance automation software di lapangan, mobile sales app, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM atau kebutuhan field sales lapangan lainnya,  SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts

Siap Untuk Mengembangkan Usaha Anda?

Dengan SOLUX, Anda dan tim akan bisa fokus untuk berjualan dan membangun hubungan lebih baik dengan pelanggan.

SOLUX adalah Sistem Operasi Penjualan yang membantu Anda/ tim Anda untuk bekerja lebih optimal dan memberikan hasil penjualan yang lebih baik. Sistem ini akan mendorong produktivitas & motivasi, memudahkan pengembangan tim, dan memperdalam hubungan dengan pelanggan.

Get in touch

hello@solux.id

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor

Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8, 

Central Jakarta, Indonesia


©2024 SOLUX, an EANNOVATE company. All rights reserved.