Mengenal Penggunaan Sistem CRM Untuk Industri Bisnis Berbasis Ekuitas

By Maria | Last Updated: 17 April 2025

undefined


Perusahaan atau bisnis yang bergerak dalam bidang ekuitas menangani banyak bagian yang bergerak – transaksi, berkomunikasi dengan berbagai calon pembeli dan investor, serta memantau kinerja keuangan.

Jika Anda tidak dapat mengelola semua elemen ini secara efektif, Anda akan kesulitan dalam menyelesaikan transaksi dengan sukses. Hal ini dapat mempengaruhi hubungan investor, jadwal, budget, dan banyak lagi. Penggunaan software CRM untuk bisnis ekuitas dapat membantu mengatasi hal ini.

Software CRM yang tepat dapat membantu Anda dalam mengelola transaksi secara real time, menyederhanakan proses, dan membangun hubungan investor dari satu lokasi terpusat.

Dalam artikel ini, kami akan membantu menguraikan beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang penggunaan software CRM dalam industri bisnis ekuitas swasta, termasuk fitur-fitur utama yang perlu diperhatikan saat memilih software CRM Anda sendiri. 

Yang Dimaksud Dengan Software CRM Untuk Kebutuhan Bisnis Ekuitas Swasta

Untuk perusahaan ekuitas swasta (dan modal ventura), software manajemen hubungan pelanggan (CRM) menangani semua interaksi dengan investor potensial sehingga Anda dapat memusatkan dan mengatur informasi penting tentang investor, transaksi, dan portofolio dalam satu software terpusat.

Menyimpan semua informasi ini pada satu lokasi yang sama membuat Anda dapat menyusun proses yang unik dan optimal secara spesifik untuk kebutuhan perusahaan ekuitas swasta milik Anda.

Misalnya, Anda dapat memetakan seluruh proses tim sales dalam pembinaan prospek untuk memastikan calon investor menerima informasi dan pesan yang tepat pada waktu yang juga tepat.

Selain itu, Anda juga dapat : 

  • Melacak  transaksi investasi secara real time
  • Berkomunikasi secara rutin dengan investor melalui software CRM Anda
  • Menurunkan total biaya kepemilikan (TCO) dengan mengurangi jangka waktu transaksi dan mengoptimalkan sumber daya
  • Mendapatkan akses data bernilai untuk membuat keputusan yang terinformasi dan strategis tentang transaksi dan investasi
  • Mendapatkan standarisasi proses penggalangan modal


Jika Anda tidak menggunakan software CRM, Anda harus menangani proses ini secara manual atau menggunakan beberapa sistem untuk mengerjakan berbagai bagian proses pembuatan kesepakatan. Sistem terpusat tentunya akan jauh lebih efisien.


Manfaat Penggunaan Software CRM Untuk Bisnis Ekuitas Swasta

Mari kita lihat beberapa informasi tentang bagaimana software CRM dapat membantu bisnis dalam industri ekuitas swasta untuk mengelola dan memastikan transaksi diselesaikan dengan cepat dan efektif.


Memperlancar Siklus Hidup dari Investasi

Mulai dari pencarian sumber transaksi hingga transaksi keluar, software CRM mengintegrasikan semua tahap proses investasi ke dalam satu platform. Hasilnya, Anda dapat mengelola dan memantau setiap fase, mengurangi pekerjaan manual dan meminimalkan kesalahan.

Mari kita gunakan pencarian kesepakatan sebagai contoh, yang sering kali merupakan langkah pertama dalam siklus hidup investasi.

Beberapa software CRM menawarkan pembuatan prospek otomatis untuk memperluas akses Anda pada prospek yang memenuhi syarat serta membuat pencarian calon investor ekuitas terasa lebih efisien. Untuk menemukan dan mendapatkan prospek langsung dari software terkait, sematkan formulir dalam website, buat kampanye pemasaran email , atau siapkan chatbot untuk membantu Anda.

Seluruh hal ini memperlancar langkah pertama dari setiap siklus investasi. Dari sini, Anda dapat mengoptimalkan perjalanan selanjutnya, termasuk evaluasi transaksi, memperoleh persetujuan dari komite manajemen investasi, menutup transaksi , dan memantau pasca-investasi.

Mengelola Beberapa Investasi Dalam Satu Waktu Bersamaan

Software CRM bertindak sebagai software manajemen transaksi ekuitas swasta, yang memudahkan pelacakan dan pengelolaan beberapa transaksi investasi secara bersamaan.

Sistem ini memusatkan semua informasi terkait transaksi, termasuk keuangan, data pasar modal, dokumen uji tuntas, manajemen portofolio, dan catatan komunikasi pada satu lokasi. Dengan menyatukan data seperti ini, pelacakan dan pengelolaan berbagai transaksi menjadi lebih mudah.

Anda juga dapat membandingkan transaksi secara berdampingan, sehingga memungkinkan Anda memprioritaskan aktivitas dan sumber daya berdasarkan tujuan strategis. 

Katakanlah Anda memiliki lima transaksi yang berlangsung secara bersamaan. Kuartal keuangan sudah dekat, dan Anda masih jauh dari mencapai tujuan Anda. Salah satu transaksi merupakan investasi yang sangat besar. Jika Anda mengamankannya tepat waktu, Anda akan mencapai sasaran keuangan bisnis pada akhir kuartal. Dampaknya, Anda memprioritaskan kembali sumber daya Anda untuk memastikan transaksi berjalan secepat mungkin.

undefined


Memastikan Tidak Ada Prospek Yang Terlewatkan

Jika Anda mengelola prospek secara manual, ada kemungkinan lebih besar prospek tersebut akan terlewatkan. Saat menggunakan software CRM, software terkait mengumpulkan semua prospek dan calon pelanggan, dan kemungkinan besar Anda akan memastikan semuanya lolos dari proses.

Saat prospek menghubungi Anda, fitur manajemen kontak CRM secara otomatis menyimpan detail mereka pada sistem. Hal ini mungkin melibatkan penugasan mereka kepada tim sales yang tepat atau pengiriman serangkaian email tindak lanjut untuk memastikan keterlibatan tepat waktu dengan prospek.

Mengoptimalkan Alur Transaksi

Platform CRM menyimpan banyak data bernilai di dalamnya. Mulai dari detail kontak hingga matriks kinerja, insight ini dapat membantu Anda menciptakan alur transaksi yang lancar dan efisien.

Pikirkan tentang transaksi yang gagal. Anda dapat melacak transaksi yang gagal ini dari awal hingga pembatalan transaksi menggunakan software CRM. Anda kemudian dapat mengidentifikasi tren yang menunjukkan mengapa transaksi tersebut gagal dan cara meminimalkan pengalaman yang sama di masa mendatang.

Anda juga dapat memvisualisasikan alur transaksi Anda pada satu lokasi untuk melihat apakah semuanya berjalan sebagaimana mestinya. Jika terjadi rintangan, Anda dapat mengidentifikasi masalah dan memperbaikinya.

Fitur Yang Perlu Diperhatikan dalam Menggunakan Software CRM Untuk Bisnis Ekuitas

Memilih software CRM yang tepat bukanlah hal yang mudah. ​​Ada banyak pilihan di pasaran dan banyak fitur yang harus dipilih. Berikut beberapa fitur CRM yang harus Anda perhatikan.

Manajemen Prospek 

Temukan software CRM yang dapat menangani manajemen prospek secara efektif. Cari fitur-fitur seperti pembinaan prospek, komunikasi omnichannel, dan pencatatan titik kontak. Fitur lain yang juga bernilai adalah penyaringan dan pengkategorian prospek. 

Integrasi Yang Seamless Dengan Sistem Bisnis Anda Lainnya 

Integrasi CRM dengan platform pihak ketiga memungkinkan Anda membangun platform yang sesuai dengan kebutuhan spesifik dari bisnis berbasis ekuitas Anda.

Integrasi menyelaraskan hal-hal seperti program akuntansi, solusi software berbasis email, dan sistem manajemen dokumen menjadi satu platform terpusat. Hal ini juga menciptakan satu sumber terpusat, memastikan bahwa data dan proses sama di seluruh divisi tim, dan Anda dapat menyimpan semua informasi bisnis penting Anda di satu area.

Terakhir, hal ini memudahkan pekerjaan anggota tim Anda. Mereka dapat mengakses semua yang mereka butuhkan dalam satu sistem, dibandingkan dengan berpindah-pindah di antara sistem yang berbeda.

Otomatisasi Alur Kerja

Otomatisasi menyederhanakan tugas-tugas yang berulang dan memastikan konsistensi pada seluruh bagian dari bisnis Anda. Otomatisasi mengurangi waktu yang Anda habiskan untuk tugas-tugas yang berulang (seperti entri data manual), sehingga Anda dapat fokus pada aktivitas yang bernilai lebih tinggi.

Misalnya, pertimbangkan bagaimana otomatisasi dapat membantu mempercepat entri data rutin dari tim Anda. 

undefined


Saat calon pelanggan menerima email, software CRM dapat secara otomatis menarik data tentang email tersebut dari kotak masuk ke dalam software CRM Anda. Hal ini akan menghemat waktu Anda karena tidak perlu lagi menelusuri email secara manual untuk menemukan informasi penting.

Otomatisasi juga memastikan Anda tidak melewatkan langkah proses utama seperti evaluasi kesepakatan atau laporan investor. Otomatisasi alur kerja akan memindahkan tugas segera setelah selesai. Anda tidak perlu melacak proses secara manual atau memastikan transaksi berjalan sesuai alur kerja.

Dashboard

Dashboard menawarkan kejelasan dalam software CRM untuk bisnis berbasis ekuitas. Dashboard memberikan gambaran umum yang jelas tentang matriks utama sehingga Anda dapat langsung melihat kinerja dan di mana performa bisnis Anda masih tertinggal. Anda kemudian dapat membuat keputusan yang cepat dan tepat untuk kembali ke jalur yang benar.

Hal ini juga merupakan alat yang berguna untuk memperbarui informasi kepada pemangku kepentingan dan investor, yang memungkinkan Anda menyajikan data keuangan yang kompleks dalam format yang sederhana dan mudah dicerna.

Saat memilih software CRM, pertimbangkan kegunaan dari dashboard yang ditawarkan. Dashboard harus mudah dinavigasi dan mudah diperbarui, serta secara otomatis menarik data dari software CRM ke dalam diagram dan grafik.

Penggunaannya juga harus dapat disesuaikan, memungkinkan Anda memilih data mana yang akan ditampilkan dan bagaimana cara menampilkannya.

Analisis & Pelaporan Data

Analisis dan pelaporan data merupakan hal yang penting bagi CRM ekuitas swasta. Berikut beberapa alasannya:

  • Untuk membagikan laporan kinerja sebelumnya - Calon investor ingin melihat rekam jejak dari bisnis Anda sebelum memutuskan untuk berinvestasi atau tidak. Dengan menggunakan data berbasis CRM, Anda dapat menunjukkan berapa banyak perusahaan yang telah Anda kelola, berapa banyak investor yang bekerja sama dengan Anda, dan informasi lain yang dapat membantu mengamankan investasi atau penggalangan dana.
  • Untuk melacak kemajuan transaksi  - Saat investasi sedang berlangsung, Anda harus memberikan informasi terkini secara langsung kepada investor. Laporan berbasis CRM memungkinkan Anda untuk berbagi informasi terkini tentang kemajuan transaksi.


Pastikan semua fitur analitik dan pelaporan CRM mudah digunakan. Data yang mudah dipahami dan diatur mengurangi potensi kebingungan atau stres.

Anda juga dapat menampilkan informasi penting dalam format yang sederhana saat Anda membagikan ringkasan kinerja dengan calon investor. Anda tidak ingin membuat mereka kewalahan dengan lembar kerja Excel yang berantakan dan penuh data.



Berikut beberapa informasi tentang penggunaan sistem berbasis CRM yang sekiranya dapat dipertimbangkan dalam mencapai performa yang lebih maksimal bagi bisnis dalam industri ekuitas.

Untuk peningkatan yang besar, Anda dapat menggunakan layanan dari SOLUX.id untuk aplikasi sales lapangan yang sekiranya dapat digunakan untuk bisnis Anda. Aplikasi sales lapangan berbasis seluler dari SOLUX dirancang untuk mengintegrasikan semua fitur yang diperlukan untuk menjadi lebih unggul di lapangan.

Untuk Anda yang saat ini membutuhkan aplikasi sales lapangan,  CRM Sales App , aplikasi untuk sales performance automation software, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM atau mencari informasi tentang dunia SaaS dan CRM,  SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts

Siap Untuk Mengembangkan Usaha Anda?

Dengan SOLUX, Anda dan tim akan bisa fokus untuk berjualan dan membangun hubungan lebih baik dengan pelanggan.

SOLUX adalah Sistem Operasi Penjualan yang membantu Anda/ tim Anda untuk bekerja lebih optimal dan memberikan hasil penjualan yang lebih baik. Sistem ini akan mendorong produktivitas & motivasi, memudahkan pengembangan tim, dan memperdalam hubungan dengan pelanggan.

Get in touch

hello@solux.id

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor

Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8, 

Central Jakarta, Indonesia


©2024 SOLUX, an EANNOVATE company. All rights reserved.