Mengenal Pentingnya Lead Tracking & Efektifitasnya Untuk Bisnis Anda

By Maria | Last Updated: 18 September 2024

undefined


Jika Anda tidak melacak prospek dari bisnis Anda, prospek tersebut akan luput dari perhatian. Sesederhana itu.

Melacak prospek dari sales dapat memberitahu Anda klien mana yang harus diprioritaskan dan cara terbaik dalam menargetkan komunikasi untuk mengarahkan mereka melalui saluran pemasaran dan penjualan Anda. 

Namun, jika Anda tidak memiliki alat yang tepat untuk mengelola proses pelacakan prospek penjualan dari tim sales, Anda akan kesulitan dalam mengelola prospek tanpa memahami cara mengkonversinya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Pelacakan Prospek & Mengapa Hal Tersebut Penting?

Pelacakan prospek merupakan proses segmentasi dan pelacakan prospek berdasarkan demografi dan perilaku pelanggan sehingga bisnis Anda dapat lebih efektif memajukan hubungan dan prospek dengan pelanggan melalui saluran penjualan dan pemasaran.

Pertimbangkan bahwa setengah dari eksekutif penjualan dan pemasaran tidak menganggap strategi pembinaan prospek yang sudah dijalankan tidak berjalan  sesuai harapan.

Mengapa demikian? Kemungkinan besar karena mereka tidak mengetahui bahwa:

  • Siapa calon pelanggan utama dari bisnis mereka
  • Apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh calon pelanggan terkait
  • Bagaimana dan kapan tim mereka perlu memprioritaskan satu calon pelanggan di atas calon pelanggan lainnya

Sederhananya, pelacakan prospek adalah jawabannya.

Pelacakan prospek memungkinkan bisnis Anda untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan prospek potensial utama Anda berdasarkan karakteristik dan perilaku mereka, serta di mana mereka berada dalam corong penjualan.

Sederhananya, pelacakan prospek membantu Anda mengetahui pelanggan mana yang harus diarahkan, kapan harus mengarahkan mereka, dan cara mengarahkan mereka dengan lebih baik.

Karena 2/3 dari sebagian eksekutif pemasaran dan penjualan mengatakan bahwa mereka melihat perbedaan yang signifikan dalam hasil antara prospek yang diarahkan dan yang tidak diarahkan, penting bagi pelacakan prospek dari tim Anda untuk tepat sasaran.

Anda memerlukan software atau aplikasi pelacakan sistem atau sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) yang fleksibel dan mudah digunakan, sehingga seluruh tim penjualan Anda mengetahui di mana prospek Anda berada dan bagaimana cara mengembangkannya.

Cara Menciptakan Segmentasi & Melacak Prospek Bisnis

Corong pemasaran dan penjualan Anda saling terkait erat, tetapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Pada dasarnya, bagian bawah corong pemasaran adalah bagian atas dari corong penjualan.

Dengan mengelompokkan dan melacak prospek melalui corong pemasaran, tim sales dapat menentukan ke mana mereka mengarah melalui corong penjualan. Pada dasarnya, corong pemasaran bisnis mencari tahu siapa mereka, sementara corong penjualan dari bisnis Anda menggunakan karakteristik dan perilaku ini untuk menjadikannya transaksi.

Berikut beberapa cara untuk melacak dan mengelompokkan prospek ketika mereka bergerak melalui corong tersebut.

Kenali Target Audiens Anda

Prospek terbaik adalah prospek yang sedang hangat.Prospek yang sedang hangat adalah prospek yang sangat relevan yang sudah siap untuk "dijual". Dengan menargetkan prospek ini, tim sales akan lebih sedikit membuang waktu dan uang untuk mengejar calon pelanggan yang tidak tertarik.

Untuk menargetkan prospek ini, Anda perlu mencari tahu seperti apa target audiens Anda. Anda perlu meneliti target audiens Anda dan mengevaluasi basis pelanggan  yang sudah ada. Lihat nilai  yang mempengaruhi perilaku pembelian mereka.

Misalnya, 20% pelanggan yakin dengan cara bisnis atau perusahaan memperlakukan lingkungan, sementara 19% lainnya peduli dengan apa yang dilakukan bisnis atau perusahaan untuk komunitasnya.

Selanjutnya, lihat basis data dari pelanggan Anda yang sudah bisnis Anda dapatkan. Karakteristik apa yang dimiliki pelanggan prioritas Anda? Perilaku apa yang mempengaruhi pembelian mereka?

Dengan menggunakan semua data ini, Anda dapat mulai membuat segmentasi dari audiens Anda.

Buatlah Corong Penjualan Bagi Tim Bisnis Anda

Lebih mudah untuk melihat kilas balik proses perolehan dan pemeliharaan prospek dengan memulainya dari saluran penjualan. Ke mana Anda akan mengarahkan prospek tersebut?

Hal ini mencakup semua tindakan yang Anda hitung sebagai konversi. Apakah Anda mencoba membuat pelanggan untuk membeli produk? Menghadiri acara yang bisnis Anda miliki? Mendaftar untuk menerima buletin melalui email?

Membuat saluran penjualan dapat diartikan dengan merancang tahapan proses, yaitu:

  • Bagaimana Anda menghasilkan prospek tersebut?
  • Bagaimana Anda akan lebih memeringkatnya?
  • Produk, transaksi, atau negosiasi apa yang akan Anda tawarkan?
  • Bagaimana Anda akan menyelesaikan transaksi?
  • Bagaimana Anda akan meyakinkan pelanggan untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain?


Ingatlah bahwa 49% pelanggan tidak membeli pada kunjungan pertama mereka, terutama jika produk Anda memiliki harga yang cukup tinggi. Faktanya, semakin tinggi harga dari suatu produk, semakin banyak pertimbangan yang dibutuhkan calon pelanggan.

undefined


Pilihlah Segmentasi Yang Tepat

Berdasarkan target audiens, Anda perlu mengelompokkan prospek berdasarkan karakteristik dan perilaku.

Dalam hal pengelompokan berdasarkan karakteristik, pertimbangkan faktor-faktor berikut:

  • Demografi - usia, jenis kelamin, ras, dan sebagainya.
  • Psikografi -  Sikap, nilai, minat, preferensi, dan sebagainya.
  • Sosiografi - Kelompok sosial, klub, susunan keluarga, dan sebagainya.
  • Geografis - Bahasa, lokasi, kota, dan sebagainya.
  • Professional - Status pendapatan, tingkat pendidikan, status pekerjaan, profesi, dan sebagainya.
  • Korporat - Industri pekerjaan, ukuran perusahaan, jabatan, dan sebagainya.


Membangun & Mengotomatisasikan Sistem Segmentasi dari Bisnis Anda

Anda tidak hanya harus melakukan segmentasi ada setiap kesempatan, tim binsis Anda juga harus mengotomatiskan segmentasi dan pengelolaan prospek sehingga tidak ada prospek klien yang terlewat.

Seperti yang dikatakan Patrick Hoban, Co-founder dan CEO Parvenu, salah satu aspek terpenting dari penjualan adalah kemampuan untuk terus menindaklanjuti dan terus memberikan nilai tambah di sepanjang proses.

Dengan menggunakan software atau aplikasi sales and lead tracking berkualitas dari SOLUX.id untuk bisnis,  Anda dapat mengotomatiskan proses tindak lanjut tersebut sehingga pelanggan tidak lagi ada yang terabaikan.

Pilih Software CRM Yang Sesuai  Untuk Bisnis Anda

91% bisnis atau perusahaan dengan lebih dari 10 karyawan menggunakan sistem berbasis CRM karena merupakan cara terbaik untuk melacak dan mengelola prospek. 

Dengan sistem CRM yang berfungsi sebagai sistem pelacakan prospek, tim bisnis Anda dapat lebih baik dalam memprioritaskan prospek dan berkolaborasi dalam menyelesaikan transaksi dan membangun hubungan positif dengan pelanggan.


Berikut beberapa informasi tentang pentingnya leads tracking dan efektivitasnya untuk bisnis Anda yang sekiranya dapat dipertimbangkan dalam mencapai keuntungan yang lebih maksimal.

Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan CRM Sales App , aplikasi untuk sales tracking, sales monitoring system, sales performance automation software, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM dan lainnya,  SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts

Siap Untuk Mengembangkan Usaha Anda?

Dengan SOLUX, Anda dan tim akan bisa fokus untuk berjualan dan membangun hubungan lebih baik dengan pelanggan.

SOLUX adalah Sistem Operasi Penjualan yang membantu Anda/ tim Anda untuk bekerja lebih optimal dan memberikan hasil penjualan yang lebih baik. Sistem ini akan mendorong produktivitas & motivasi, memudahkan pengembangan tim, dan memperdalam hubungan dengan pelanggan.

Get in touch

hello@solux.id

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor

Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8, 

Central Jakarta, Indonesia


©2024 SOLUX, an EANNOVATE company. All rights reserved.