Tips Mengoptimalkan Produktivitas Untuk Penjualan Dengan Performa Tinggi

By Maria | Last Updated: 7 August 2024

undefined


Penjualan merupakan kekuatan di balik bisnis apa pun. Tanpa tim sales yang kuat, sulit bagi bisnis atau perusahaan Anda untuk tumbuh dan berhasil dalam lanskap persaingan saat ini. Dan untuk memastikan kesuksesan, bisnis Anda perlu berfokus pada peningkatan produktivitas penjualan.

Namun apa sebenarnya produktivitas penjualan? Bagaimana cara bisnis Anda mengoptimalkan dan mengukur keberhasilannya? Dalam artikel berikut ini, kami akan menjawab beberapa pertanyaan ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Produktivitas Penjualan

Produktivitas penjualan menggambarkan hubungan antara efisiensi dan efektivitas tenaga sales yang bisnis Anda miliki. Mari kita lihat perbedaan kedua istilah ini : 

  • Efektivitas - Jumlah orang yang diubah oleh tim sales menjadi pelanggan yang membeli produk atau layanan Anda.
  • Efisiensi - Seberapa cepat tim sales dapat menyelesaikan tugas dengan sumber daya minimal.


Pada akhirnya, produktivitas penjualan adalah cara untuk melacak seberapa banyak tim sales menjual produk atau layanan dibandingkan dengan berapa jumlah sumber daya yang mereka gunakan untuk melakukan penjualan.

Tips Dalam Mengoptimalkan Produktivitas Tim Sales dari Bisnis Anda

Ada sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas penjualan tim sales Anda. Hal ini termasuk sasaran, kualitas prospek, alat yang tersedia, dan banyak lagi. 

Mengoptimalkan faktor-faktor ini adalah kunci bagi bisnis yang ingin meningkatkan produktivitas penjualan dari tim salesnya. Berikut beberapa tips untuk membantu tim sales Anda yang dapat sekiranya kami kumpulkan : 

Menggunakan Software CRM Untuk Tim Bisnis Anda

Alat manajemen hubungan pelanggan (CRM) memungkinkan bisnis atau perusahaan menyimpan dan melacak semua komunikasi dengan pelanggan — dan memelihara hubungan tersebut pada sepanjang saluran. 

Pada akhirnya, hal ini membantu tim penjualan mengubah lebih banyak prospek menjadi pelanggan dalam waktu lebih singkat.  Software berbasis CRM hadir dengan fitur-fitur seperti:

  • Pembuatan profil pelanggan secara detail
  • Analisis data dan tren perilaku pelanggan
  • Lacak prospek dan percakapan
  • Ukur kemajuan dan hasil dengan pelaporan dan analitik

Selain itu, CRM menyediakan database terpusat yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Hal ini memudahkan tim sales penjualan untuk terhubung dengan banyak pelanggan di zona waktu berbeda — sehingga menghasilkan peningkatan keterlibatan dalam percakapan dan tingkat konversi yang lebih tinggi.

Mengatur Target Harian

Jika Anda menetapkan tujuan harian yang menantang tetapi dapat dicapai, akan lebih mudah bagi tim sales Anda untuk melihat kemajuan pekerjaan mereka dan tetap termotivasi. 

Saat membuat sasaran, pertimbangkan faktor-faktor seperti beban kerja dan sumber daya yang tersedia — untuk memastikan anggota tim dapat menyelesaikan tugas mereka tepat waktu.

Selain itu, penting untuk menerapkan sistem yang memantau kemajuan tim sales Anda untuk membantu menjaga akuntabilitas mereka. Hal ini dapat mencakup pelacakan pencapaian seperti jumlah panggilan, email yang dikirim, atau total penjualan.

Pada saat yang sama, berikan umpan balik tentang prospek yang dimenangkan sebagai tambahan dan adakan pertemuan rutin untuk memastikan semua orang dalam tim sales memenuhi jumlah target mereka.

Mengumpulkan Leads Yang Berkualitas

Menghasilkan prospek berkualitas tinggi memungkinkan tim sales Anda mempersempit kelompok target pelanggan mereka dan hanya berfokus pada pelanggan yang cenderung berkonversi dengan cepat.

Hal ini akan membebaskan lebih banyak sumber daya untuk didedikasikan pada proses penjualan yang sebenarnya — karena lebih sedikit upaya yang terbuang pada prospek yang tidak memenuhi syarat atau tidak sesuai dengan target demografi dari bisnis atau perusahaan Anda.

Secara keseluruhan, hal ini menghasilkan siklus penjualan yang lebih pendek, lebih banyak pendapatan, dan lebih sedikit sumber daya yang dikeluarkan.

undefined


Meningkatkan Pelatihan & Orientasi dari Tim Sales Anda

Tanpa program orientasi dan pelatihan yang efektif, tim sales akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai produktivitas penuh. Sebaliknya, dengan menyediakan sumber daya dan dukungan pada tahap ini, bisnis Anda dapat menciptakan tim penjualan yang kohesif dan jauh lebih efisien dan efektif. Program orientasi yang terstruktur dengan baik harus mencakup beberapa informasi tentang:

  • Sasaran pasar
  • Produk atau layanan yang ditawarkan
  • Teknik penjualan terkini
  • Alur kerja dan proses



Mensejajarkan Penjualan & Pemasaran dari Tim Sales Bisnis Anda

Data menunjukkan bahwa bisnis dengan keselarasan penjualan dan pemasaran yang efektif mencapai pendapatan 208% lebih tinggi. Hal ini dikarenakan bisnis terkait saling memberikan wawasan penting yang meningkatkan kinerja seluruh anggota tim.

Misalnya, tim sales dapat menerima prospek yang memenuhi syarat pemasaran — memungkinkan mereka memfokuskan upaya mereka pada prospek yang lebih berharga dibandingkan dengan memfokuskan upaya pada prospek yang belum siap membeli.

Cara terbaik untuk menyelaraskan tim pemasaran dan penjualan Anda adalah dengan sering mengadakan pertemuan, menetapkan tujuan bersama, berbagi analisis dan pelaporan, dan masih banyak lagi.

Apa Saja Matriks Produktivitas Penjualan Yang Perlu Anda Lacak?

Memantau matriks tertentu memungkinkan tim sales untuk lebih memahami kinerja mereka dan bagaimana mereka dapat meningkatkan produktivitas penjualan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Tingkat Konversi - Seberapa sukses sebuah tim dalam mengubah prospek menjadi pelanggan yang membayar.
  • Tingkat Keberhasilan Prospek - Mengukur jumlah transaksi yang dimenangkan dibandingkan dengan total peluang penjualan.
  • Saluran Pipeline - Pandangan yang dapat diukur dan terperinci tentang kemajuan transaksi.
  • Ukuran Kesepakatan Secara Rata-Rata - Wawasan penting tentang seberapa menguntungkan setiap penjualan yang terjadi.
  • Tingkat Retensi Pelanggan - Jumlah pelanggan yang terus membayar dan menggunakan produk atau layanan Anda.




Berikut beberapa informasi tentang tips dalam mengoptimalkan produktivitas untuk penjualan dengan performa tinggi dengan menggunakan CRM untuk bisnis Anda serta manfaatnya dalam meningkatkan pertumbuhan dari bisnis yang sekiranya dapat dipertimbangkan dalam mencapai keuntungan yang lebih maksimal.

Untuk peningkatan yang besar, Anda dapat menggunakan layanan dari SOLUX.id untuk aplikasi sales lapangan yang sekiranya dapat digunakan untuk bisnis Anda. Aplikasi sales lapangan berbasis seluler dari SOLUX dirancang untuk mengintegrasikan semua fitur yang diperlukan untuk menjadi lebih unggul di lapangan.

Untuk Anda yang saat ini membutuhkan aplikasi sales lapangan,  CRM Sales App , aplikasi untuk sales performance automation software, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM atau mencari informasi tentang dunia SaaS dan CRM,  SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts

Siap Untuk Mengembangkan Usaha Anda?

Dengan SOLUX, Anda dan tim akan bisa fokus untuk berjualan dan membangun hubungan lebih baik dengan pelanggan.

SOLUX adalah Sistem Operasi Penjualan yang membantu Anda/ tim Anda untuk bekerja lebih optimal dan memberikan hasil penjualan yang lebih baik. Sistem ini akan mendorong produktivitas & motivasi, memudahkan pengembangan tim, dan memperdalam hubungan dengan pelanggan.

Get in touch

hello@solux.id

Sudirman 7.8 Tower, 16th Floor

Jl. Jend. Sudirman Kav 7-8, 

Central Jakarta, Indonesia


©2024 SOLUX, an EANNOVATE company. All rights reserved.